Tambahan Penghasilan Lewat Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2022

1 Februari 2022
OLEH: Anas Nur Huda
Tambahan Penghasilan Lewat Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2022
 

Momen pemulihan ekonomi ini bisa banget kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sudah bukan zamannya lagi kamu hanya mengandalkan pemasukan dari satu pintu berupa gaji. Pandemi seharusnya bisa memberi pelajaran keuangan yang banyak pada kita, salah satunya mengenai pentingnya punya penghasilan tambahan.

Melansir dari berbagai sumber, di tahun 2022 ini, sektor kewirausahaan diprediksi perlahan mulai bangkit seiring dengan pandemi yang mulai terkendali. Kamu bisa mencoba sejumlah usaha menjanjikan untuk tambahan penghasilanmu.

Berikut adalah daftar usaha yang menjanjikan yang dapat kamu jadikan referensi untuk menambah penghasilan.

1. Usaha hasil kebun organik

Usaha hasil tanaman organik dapat memberimu penghasilan tambahan yang lumayan lho! Budidaya tanaman organik adalah salah satu kegiatan yang semakin digemari selama pandemi COVID-19. Seiring berkembangnya budaya hidup sehat, mencoba bercocok tanam di sekitar lingkungan rumah juga bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan. 

Sayur dan buah organik dipercaya lebih kaya akan kandungan gizinya. Contoh jenis tanaman organik yang dapat di tanam di halaman rumah misalnya kangkung, kailan, cabai, caisim, bayam, bokchoy, tomat, selada, lidah buaya, timun, brokoli, hingga pare. 

2. Katering sehat

Katering sehat adalah katering yang menyajikan hidangan dengan kandungan zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Melihat perkembangan gaya hidup sehat masa kini, membuka katering sehat dapat menjadi ide usaha yang menjanjikan. Sebelumnya, makanan sehat hanya dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit tertentu. Namun kini, masyarakat umum mulai menyadari pentingnya mengonsumsi menu dengan gizi lengkap dan seimbang setiap hari. Menarik bukan?

3. Bergabung di franchise

Menjadi mitra franchise juga bisa kamu jajal untuk menambah penghasilan sampingan. Franchise sendiri merupakan orang perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh waralaba untuk menggunakan waralabanya. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membangun usaha dari awal. Kamu cukup membeli hak waralaba untuk menjalankan usaha tersebut. 

4. Bisnis online shop, reseller atau dropshipper

Kamu yang sedang mencari ide usaha yang menjanjikan di tahun 2022, menjadi reseller atau dropshipper juga dapat kamu jadikan pilihan. 

Bisnis dropship adalah sebuah model berjualan barang secara online tanpa mengeluarkan modal yang banyak. Sementara reseller adalah model jualan barang dengan modal sedikit tetapi dapat menghasilkan cuan. Biasanya, reseller mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual ke konsumen dengan harga beli dari supplier

5. Menjual produk digital: ebook, ecourse, dan lain sebagainya

Ide cuan berikutnya adalah menjual berbagai macam produk digital. Produk digital adalah semua produk, baik yang dijual maupun tidak, yang berformat file. Contoh produk digital yang dapat diperjualbelikan adalah ebook, tema wordpress, elemen desain grafis, membership sites, tiket online, ecourse

6. Pet shop

Membuka bisnis pet shop juga menjadi ide peluang usaha untuk menambah penghasilanmu. Apalagi, saat ini semakin banyak jenis hewan yang dipelihara; mulai dari anjing, kucing, berbagai reptil, hamster, sugar glider, landak mini, guinea pig, dan sebagainya.

Para orang tua adopsi hewan peliharaan ini pastinya ingin ‘anak-anak’ mereka sehat dan terawat. So, kamu tidak hanya bisa menyalurkan hobi, tapi kamu juga mendapat cuan dari bisnis pet shop yang kamu bangun. 

7. Jualan NFT

Akhir-akhir ini NFT berhasil menjadi buah bibir publik. Munculnya pemuda bernama Ghozali yang menjual NFT foto selfie-nya selama 5 tahun dan meraup miliaran rupiah membuat geger masyarakat Indonesia.  

NFT adalah sebuah aset digital dari objek seni, musik, video, maupun item dalam game. Aset ini dapat diperjualbelikan secara online dengan teknologi blockchain dalam cryptocurrency. Buatlah karya yang bernilai dan pasarkan memalui situs jual beli NFT. 

8. Freelance Digital Marketing

Seperti yang kamu ketahui bahwa digital marketing dapat menjadi ladang cuan. Apalagi, seiring berkembangnya teknologi, kualitas produk harus diimbangi dengan promosi yang ciamik untuk memikat konsumen. 

Jadi, apabila kamu memiliki skill promosi yang mumpuni, kamu dapat menawarkan jasa digital marketing kepada UMKM, mulai dari jasa pengolahan media sosial hingga strategi marketing untuk produk mereka.

9. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah sistem bisnis dengan cara memberikan komisi kepada seseorang yang telah berhasil menjual produk merchant atau perusahaan. 

Kamu dapat menjadi marketer tanpa perlu sama sekali memikirkan bagaimana proses produksi dan pengiriman barang. Hanya dengan bermodalkan internet dan kemampuan promosi yang mumpuni, kamu bisa menjadikan kegiatan ini sebagai penambah penghasilan sampinganmu. 

Itulah sederet usaha yang menjanjikan untuk menambah cuan kamu di tahun 2022. Membangun sebuah usaha tidaklah mudah, butuh konsistensi, ketekunan, keuletan dan juga keberanian. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Selamat mencoba!

 

 


Anas Nur Huda