Artikel

Laporan Utama
Tingkat ketidakpastian akibat dinamika pandemi COVID-19 masih tinggi. Terpaan gelombang virus varian baru pada pertengahan 2021 silam menunjukkan perlunya memasukkan faktor mutasi COVID-19 sebagai variabel dalam perencanaan kebijakan. Karena itu, di 2022 penanganan pandemi masih menjadi fokus pemerintah seiring dengan prioritas pemerintah untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang sehat. Melanjutkan upaya pengendalian COVID-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan menjadi fokus pertama dari enam fokus utama pemerintah dalam rancangan kebijakan APBN 2022.
15 September 2021
Wawancara
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Instansi ini dikenal mencetak bibit-bibit unggul pengelola keuangan negara yang andal. Banyak kegiatan mahasiswa yang mendukung pembentukan soft skill mahasiswa-mahasiswi di sana. STAPALA salah satunya.
15 September 2021
Finansial
Pandemi COVID-19 di Indonesia belum usai. Meski saat ini kita sudah berhasil melandaikan kurva kasus positif, kondisi masih belum sepenuhnya pulih. Efek pandemi ini tidak tebang pilih. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita mulai dari dasar lagi dalam hal mengatur keuangan. Yuk, atur lagi keuangan di masa krisis ini.
15 September 2021
Laporan Utama
Prioritas pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia terpotret jelas dalam alokasi RAPBN 2022. Satu dari enam fokus utama pemerintah dalam RAPBN 2022 adalah menjaga kesinambungan program perlindungan sosial (perlinsos) bagi masyarakat miskin dan rentan. Perlinsos tidak hanya ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat miskin dan rentan, baik dalam kondisi normal maupun kedaruratan. Tapi juga dalam jangka panjang perlinsos diharapkan akan mampu memotong lingkaran kemiskinan.
15 September 2021
Laporan Utama
Ketidakpastian adalah tantangan yang terus menggelayuti kinerja penanganan pandemi. Beberapa bulan lalu, sejumlah negara sempat melonggarkan pembatasan sosial karena merasa telah mampu meredam pandemi. Namun, gelombang pandemi yang lebih mengerikan justru tiba-tiba datang dan menghantam. Bertemu dengan pandemi berarti bertemu dengan banyak hal baru yang sulit diprediksi.
15 September 2021
Laporan Utama
Dunia boleh saja dihadang pandemi yang penuh ketidakpastian, tetapi Indonesia tetap harus melangkah maju dan kuat menggenggam tujuan. Masyarakat Indonesia harus sejahtera dan dilindungi.
1 September 2021
Laporan Utama
Bayang-bayang pandemi masih terus menggelayuti ekonomi. Tahun 2021 kita awali dengan semangat optimisme untuk pulih. Namun, siapa sangka varian baru Delta mendadak menjangkiti dunia.
1 September 2021
Potret Kantor
Potret Kantor KPKNL Sorong
31 Agustus 2021
Generasi Emas
Berada di daerah yang jauh dari ibukota negara tidak menyurutkan niat pemuda asal Manokwari ini untuk menempuh pendidikan sampai ke Inggris. Simon Tabuni merupakan awardee LPDP yang mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pemuda inspiratif pada acara Papua Barat Innovation Award. Dengan berbekal pengalaman saat berada di luar Papua, Simon mengabdikan diri untuk masyarakat Papua dengan membuat berbagai kegiatan sosial seperti Gerakan Pemuda Papua Inspiratif, Gerakan Angkat Mama Papua, Gerakan Fasilitasi Kreatifitas dan Inovatif Anak Papua, dan Program Revitalisasi Taman dan Fungsinya. Seperti apa kisahnya? Simak obrolannya dengan Media Keuangan berikut ini.
31 Agustus 2021
Laporan Utama
Pembatasan sosial sebagai upaya pengendalian penyebaran wabah COVID-19 berdampak keras bagi masyarakat miskin dan rentan. Jahuri, warga Desa Panjang Wetan, Pekalongan Utara contohnya
16 Agustus 2021
Finansial
Ketika pandemi menghantam dunia, mereka yang harusnya sekarang ini memulai karier harus rela untuk memasuki dunia kerja dengan cara yang berbeda. Gen Z mesti beradaptasi dengan ritme kerja secara remote
16 Agustus 2021
Laporan Utama
Tahun kedua pandemi COVID-19 masih berlangsung. Coronavirus masih enggan menghilang sehingga berbagai pembatasan kegiatan masyarakat kembali diberlakukan. Kebijakan pembatasan ini memukul pergerakan ekonomi kelas menengah dan bawah. Bahkan, untuk sekadar mampu bertahan hidup pun sebagian dari mereka cukup kesulitan. Pemerintah melakukan intervensi melalui berbagai program perlindungan sosial agar mereka tetap tangguh bertahan.
16 Agustus 2021