Video

Indonesia telah resmi menjalankan peran Presidensi G20 2022. Salah satu kewenangan menjalankan amanah tersebut adalah menyusun agenda prioritas pada rangkaian pertemuan G20.
7 Desember 2021
Sebagai forum yang mempertemukan 20 ekonomi terbesar di dunia, Group of Twenty G20 berperan strategis dalam memimpin tata kelola perekonomian global. Salah satu capaian terbesarnya adalah saat menangani krisis keuangan global 2008. Kini sektor keuangan global pun makin tangguh. Setiap tahun G20 mengadakan rangkaian pertemuan di berbagai level. Indonesia berhasil dipercaya meneruskan estafet Presidensi selama tahun 2022 mendatang. Lalu, peluang dan kesempatan apa saja yang bisa dimanfaatkan Indonesia selama memegang amanah penting ini. Simak pembahasannya di video ini.
3 Desember 2021
Perubahan iklim adalah isu nyata yang sudah di depan mata. Dampak perubahan iklim sudah lama menjadi diskusi di tataran global. Pada 2016 Indonesia turut meratifikasi Paris Agreement yang di dalamnya terdapat komitmen Nationaly Determined Contribution. Indonesia berkomitmen untuk menurukan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2030. Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung aksi pengendalian perubahan iklim. Seperti apa langkah pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan dalam menjalankan komitmen tersebut. Simak video ini dan baca tulisan selengkapnya di rubrik Laporan Utama.
22 November 2021
Cuaca kini makin tak bisa diprediksi. Pergantian musim pun makin tak pasti. Ketidakstabilan ini hanyalah contoh kecil dampak perubahan iklim. Untuk itu Indonesia berkomitmen terus melakukan upaya pemgendalian perubahan iklim. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah pajak karbon. Simak pendapat pakar terkait hal ini dalam video singkat di atas. Baca juga artikel yang ditulis secara mendalam di rubrik Laporan Utama pada portal informasi MK+
20 November 2021
Kisah suka dan duka para punggawai keuangan KPU BC Tipe B Batam.
14 November 2021
Kurva pandemi kini menurun tajam setelah sempat melonjak tinggi pada Juni-Juli lalu akibat persebaran varian Delta. Pengetatan PPKM, peningkatan 3T, percepatan vaksinasi dan disiplin 5M menjadi kunci Indonesia menurunkan gelombang kasus Covid-19.
15 Oktober 2021
Pada 7 Oktober 2021 pemerintah bersama DPR RI telah menyepakati Rancangan Undang Undang tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) disahkan menjadi UU HPP. Salah satu klaster di dalamnya mengatur PPN barang kebutuhan pokok, jasa pendidikan dan jasa pelayanan kesehatan. Tujuan pemerintah menata PPN ini adalah untuk menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat, terutama golongan menengah ke bawah. Sayangnya, beberapa pihak menganggap ini sebagai bentuk ketidakberpihakan pemerintah kepada warga kecil, khususnya di masa pandemi. Bagaimana pendapat para pakar terkait hal ini?
13 Oktober 2021
Penyaluran bantuan sosial (bansos) pemerintah di lapangan menjadi persoalan utama bansos. Ada yang tidak berhak tapi mendapatkan (inclusion error). Ada pula yang seharusnya berhak tapi tidak mendapatkan (exclusion error).
7 Oktober 2021
Bayang-bayang pandemi masih terus menggelayuti ekonomi. Namun, optimisme untuk pulih harus dipertahankan. Seiring dengan itu kewaspadaan juga tetap harus dijaga menghadapi situasi yang tak menentu. RAPBN 2022 pun dirancang antisipatif, responsif dan fleksibel.
5 Oktober 2021
Sekelumit berisi hal-hal tersembunyi di balik kerja keras pengelolaan keuangan negara. Episode ini menceritakan repotnya berkantor di KPKNL Sorong. Tentang fenomena sosial yang terjadi di sana, juga tentang situasi geografis yang dihadapi.
30 September 2021
Situasi pandemi kini berangsur lebih terkendali. Kasus aktif menunjukkan tren penurunan. Namun, pemerintah menyadaei risiko ketidakpastian masih sangat tinggi. Upaya pengendalian pandemi secara komprehensif masih menjadi prioritas hingga tahun depan. Bagaimana langkah pemerintah untuk konsisten menyusun kebijakan yang tetap memperhatikan perkembangan situasi pandemi? Simak di video ini.
27 September 2021
Pandemi yang telah mencengkeram satu setengah tahun terakhir ini memberi dampak luar biasa. Tak hanya kesehatan, perekonomian terkena imbasnya. Kondisi luar biasa ini menyebabkan penerimaan negara tak bisa diperoleh seperti sebelumnya untuk sementara waktu. Apa saja inisiatif strategis pemerintah dalam menjaga dan memulihkan kesehatan masyarakat dan perekonomian Indonesia?
24 September 2021