9 Langkah Membuat Rencana Harta Waris

15 Juli 2021
OLEH: Irfan Bayu
9 Langkah Membuat Rencana Harta Waris
 

Pengertian ‘warisan’ berasal dari kata serapan bahasa Arab yang diterjemahkan sebagai berpindahnya sesuatu (aset) dari seseorang ke orang lain. Yang sering menjadi masalah utama dalam persoalan harta waris adalah proses pembagian. Isu soal pembagian harta waris sebenarnya bisa diatasi apabila setiap pihak ahli waris memahami hukum yang berlaku dan menerimanya. 

Di Indonesia, ada beberapa hukum waris yang dijadikan landasan seperti hukum waris agama, hukum waris adat, dan kitab UU hukum perdata. Ada beberapa alasan penting mengapa kamu perlu membuat rencana harta waris.

Pertama, menghindari tidak produktifnya aset. Contohnya, suami-istri meninggal dalam kecelakaan dan meninggalkan anak berusia lima tahun. Harta waris yang ditinggalkan berupa kendaraan, rumah, dan bisnis. Sayangnya, si anak ini belum bisa mengelolanya karena usia. Di sinilah rencana harta waris penting dibuat agar saat dia sudah cukup umur, aset tersebut tetap terkelola dengan baik.

Kedua, agar pembagian aset waris sesuai dan bermanfaat. Setiap anggota keluarga memiliki bagian masing-masing dalam hak harta waris. Sayangnya, ketentuan hukum sering kali tidak sesuai dengan kondisi kita. Itulah mengapa harta waris harus diatur lebih baik lagi agar sesuai dengan keinginan. Pastikan aset yang dimiliki dan akan diwariskan bisa bermanfaat bagi penerimanya.

Ketiga, mencegah terjadinya konflik. Tak bisa dimungkiri masalah harta waris ini identik dengan konflik. Membuat rencana harta waris setidaknya bisa meminimalkan terjadinya konflik dalam keluarga. Nah, agar rencana harta waris bisa dibuat dengan tepat berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Menghitung net worth

Cara mudah menghitung net worth yaitu dengan menambahkan estimasi nilai dari aset-aset yang ada kemudian dikurangi dengan kewajiban pembayaran yang harus dilakukan seperti utang, cicilan, kartu kredit, kredit pinjaman hingga KPR. Hasil pengurangan inilah net worth aset kamu. Lalu, cari tahu berapa besar pajak yang mesti dibayarkan.

Mengkaji kondisi keluarga

Banyak atau sedikit aset yang kamu miliki, kamu tetap perlu membuat rencana harta waris. Perencanaan yang baik akan mempersiapkan tak hanya dirimu namun juga keluarga atau kerabat yang mungkin akan terlibat dalam pengelolaan asetmu. Misalnya, jika kamu punya bisnis maka perlu dipastikan bahwa aset tersebut nantinya bisa dikelola oleh keluargamu sehingga penting juga melihat kondisi dan situasi dari keluarga.

Mencari jasa perencana waris

Membuat rencana harta waris memang tak mudah bahkan rumit. Oleh karena itu, hubungi mereka yang sudah ahli di bidang ini untuk membantumu membuat pilihan rencana harta waris yang baik dan nantinya bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan.

Tentukan bentuk waris

Kamu perlu menentukan apakah nantinya kamu akan membuat surat harta waris sederhana (last will) atau dalam bentuk pemberian kepemilikan properti. Dengan bantuan jasa perencana waris yang profesional, kamu akan mendapat petunjuk dan melihat pro-kontra dari dua bentuk surat wasiat tersebut.

Siapkan rencana waris untuk ketidakmampuan fisik dan mental

Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Dalam membuat rencana waris, pastikan kamu menyusun rencana jangka panjang bahkan untuk keadaan ketika kamu sudah tidak memiliki kemampuan baik fisik maupun mental. Jika hal ini tidak kamu persiapkan, aset yang kamu miliki bisa jadi berakhir dan diawasi oleh pihak pengadilan.

Tentukan ahli waris

Dengan menyusun rencana harta waris, setidaknya kamu bisa mengamankan aset-aset untuk diberikan ke pihak yang tepat dan menghindari konflik. Tentukan ahli waris untuk aset yang  kamu miliki dan tentukan berapa besar jumlah warisan yang akan diterima mereka nanti.

Tentukan orang kepercayaan untuk memegang surat waris

Pilihlah pihak yang akan bertanggung jawab dalam melaksanakan apa yang kamu inginkan dalam surat waris. Kamu bisa menunjuk pengacara, bankir, penasihat keuangan, agen perumahan, penasihat bisnis atau akuntan. Pastikan yang ditunjuk adalah pihak yang kredibel di bidangnya dan dapat bekerja secara profesional.

Tingkatkan rencana harta waris

Rencana waris yang ditingkatkan bertujuan untuk melindungi semua aset agar bisa terus dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya. Seringlah melakukan diskusi dengan pengacara untuk menyelesaikan rencana warismu.

Evaluasi dan perbarui rencana waris

Evaluasi kembali rencana warismu setiap setahun sekali. Mengapa? Karena bisa saja asetmu bertambah atau anggota keluargamu bertambah dari pernikahan atau kelahiran. Teruslah update kembali rencana waris yang sudah kamu susun.

Memberikan yang terbaik bagi keluarga adalah hal yang diinginkan bagi setiap orang. Membuat rencana waris adalah salah satu cara mempersiapkan yang terbaik bagi orang-orang terkasih. Pikirkan harapan-harapan baik sebagai tujuan dari rencana harta waris ini sehingga kelak keluarga yang akan ditinggalkan bisa mendapat manfaat dan memperbesar bisnis yang kamu wariskan.