8 Tips Belanja di Marketplace Agar Aman dan Nyaman

16 Juni 2023
OLEH: Irfan Bayu
8 Tips Belanja di Marketplace Agar Aman dan Nyaman
 

Dewasa ini perkembangan dunia digital meningkat dengan pesat. Banyak sendi kehidupan yang bergeser akibat teknologi yang semakin canggih. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat untuk berbelanja yang sebelumnya membeli barang dengan mengunjungi toko atau pasar, kini berganti dengan berbelanja dengan gawai kita.

Marketplace online tumbuh bak jamur di musim hujan. Masyarakat dimanjakan dengan berbagai macam marketplace dengan segala promo dan diskon yang ada. Namun bukan tanpa masalah, mudahnya jual beli di market online ini melahirkan kejahatan baru seperti penipuan karena pembeli tidak bisa melihat secara fisik barang yang akan dibeli. Hal ini sebenarnya bisa dicegah jika konsumen dapat lebih berhati-hati saat membeli barang di marketplace. Berikut ini beberapa tips berbelanja di marketplace online agar kamu bisa belanja dengan aman dan nyaman.

1. Riset barang yang akan dibeli

Sebelum membeli barang di toko daring, jangan malas untuk meriset terlebih dahulu barang yang akan kamu beli. Ciri-ciri keaslian barang, harga pasar, dan ketersediaan stok barang di pasaran adalah hal yang perlu kamu cari tahu infonya. Jangan lupa juga untuk membandingkan toko satu dengan lainnya. Jangan tergiur dengan harga murah dan bahkan terlampau jauh dengan toko-toko sejenis yang menjual barang yang sama, bisa jadi hal tersebut adalah salah satu ciri sebuah penipuan.

2. Perhatikan gambar dan deskripsi barang

Setelah melakukan riset, kamu akan bisa menilai keaslian gambar yang dipakai pada toko online tersebut. Jika terdapat perbedaan gambar antara satu dengan lainnya maka kamu patut mencurigai toko tersebut. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek deskripsi barang yang akan kamu beli. Baca secara teliti dan menyeluruh deskripsi produk karena bisa saja detail deskripsi tak sesuai dengan ekspektasimu. Pastikan nama barang, jenis, serta spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Baca syarat dan ketentuan pembelian barang

Salah satu hal yang sering terlewat ketika kita membeli suatu barang adalah membaca syarat dan ketentuan pembelian. Baca secara teliti syarat dan ketentuan toko seperti proses pengembalian barang ketika terjadi ketidaksesuaian, proses klaim garansi jika terjadi kerusakan, proses pengembalian dana, dan sebagainya.

4. Cari tahu reputasi penjual

Langkah selanjutnya adalah mengecek reputasi penjual. Lihat status keaktifan toko, umur toko, banyaknya produk yang telah dibeli, serta rating atau ulasan pembeli pada toko tersebut. Waspadai untuk toko yang baru aktif atau sudah tidak aktif selama periode tertentu. Rating dan ulasan pembeli sebelumnya juga akan sangat bermanfaat untuk melihat kualitas barang dari toko tersebut. Namun, tetap waspada terhadap ulasan palsu. Biasanya ulasan palsu dilengkapi dengan gambar yang diambil dari toko lain atau menggunakan bahasa yang berlebihan. Untuk keamanan, akan lebih baik jika kamu membeli di official store yang ada.

5. Pilih metode pembayaran resmi

Ketika berbelanja secara daring, hindari untuk melakukan pembayaran selain dari metode yang sudah disediakan oleh marketplace. Hindari mentransfer pada rekening pribadi penjual atau rekening yang belum jelas kebenarannya. Hal itu supaya ketika kamu belum menerima barang yang kamu pesan atau barang yang kamu pesan tidak sesuai,  kamu masih bisa mendapatkan jaminan uang kembali. Kamu juga bisa menggunakan metode COD (Cash On Delivery) agar semakin aman.

6. Cek paket dan hilangkan data pribadi pada paket

Setelah selesai melakukan transaksi, tetap pantau progress dari barang yang kita beli. Apakah penjual sudah mengirimkan paketnya, atau jika telah dikirim cek lokasi paket terkini dan pastikan paket sampai sesuai dengan estimasi yang diberikan. Setelah paket tiba dan dibuka, jangan lupa untuk menghilangkan jejak data pribadi seperti nama, alamat, serta nomor handphone kita yang berada di label paket. Kamu bisa menghancurkannya dengan menggunting, mencoret menggunakan spidol, atau cara yang lain sebelum membuang bungkus paket barang yang kita beli. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti penipuan yang mengatasnamakan kita, atau penjualan data diri.

7. Rekam saat membuka barang dan simpan bukti transaksi

Ketika barang sampai, cek paket apakah masih terbungkus rapi atau tidak. Setelah itu, cek kesesuaian barang dan pastikan barang tersebut tidak ada kerusakan atau cacat. Rekam proses pembukaan barang sebagai bukti ketika terjadi ketidaksesuaian barang yang dibeli. Rekam mulai dari barang tersegel rapi sampai dioperasikan atau dipakai. Bukti transaksi seperti resi transfer juga harus disimpan untuk memperkuat bukti yang ada. Kamu juga bisa menyimpan bukti komunikasi atau chat dengan penjual sebagai bukti dukung jika terjadi ketidaksesuaian.

8. Aktifkan notifikasi

Salah satu kelebihan dari marketplace selain kemudahan aksesnya adalah terdapat promo dan diskon yang membuat harga barang bisa sedikit “miring”. Oleh karena itu, aktifkan notifikasi aplikasi marketplace agar kamu tidak tertinggal informasi tentang promo atau diskon yang sedang berlangsung.

Itulah beberapa tips saat kamu berbelanja daring di marketplace. Tetap berbelanja sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan mudah tergiur banyaknya promo atau diskon yang hadir agar keuanganmu juga tetap terjaga. Selamat berbelanja!