7 Tips Merencanakan Keuangan Untuk Mudik Lebaran

3 April 2023
OLEH: Irfan Bayu
7 Tips Merencanakan Keuangan Untuk Mudik Lebaran
 

Setelah pandemi Covid-19 berlalu, tahun ini masyarakat Indonesia akan kembali menyemarakan tradisi yang sudah berlangsung sekian lama, yaitu mudik lebaran. Mudik menjadi sesuatu yang sangat ditunggu oleh banyak orang, terutama anak perantauan yang jarang kembali ke kampung halaman. Kerinduan yang sudah menumpuk pada orang tua dan sanak keluarga menjadi salah satu euforia mudik yang selalu dinanti.

Uang THR dan tabungan-tabungan yang selama ini dikumpulkan menjadi bekal menuju tempat kelahiran. Namun jangan sampai kita terlalu terbawa euforia dan tanpa perencanaan keuangan yang matang hingga semua ludes tak bersisa tanpa terasa. Berikut 7 (tujuh) tips mengatur keuangan saat mudik agar perjalananmu lancar dan kantongmu juga tidak jebol.

1. Rencanakan dari jauh-jauh hari

Rencanakan mudik sejak jauh-jauh hari. Tentukan transportasi yang akan digunakan. Hal ini sangat penting apalagi untuk kamu yang harus memakai transportasi umum seperti pesawat dan kereta api, di mana tiket sangat cepat habis terjual atau harganya yang akan naik jika dibeli mendekati hari keberangkatan. Selain itu jika direncanakan dari sebelumnya, kamu juga bisa menabung untuk mempersiapkan keuanganmu untuk keperluan mudik.

 

2. Manfaatkan THR atau bonus hari raya

Banyak dari kita yang sedang menunggu-nunggu uang THR diberikan. Biasanya THR tersebut kita gunakan untuk keperluan lebaran atau diberikan kepada sanak keluarga. Agar tidak mengganggu keuangan rutinmu, kamu bisa memanfaatkan THR atau bonus hari raya lainnya untuk keperluan mudik. Jika tidak cukup, kamu juga tidak akan terlalu berat untuk menambahkan kekurangannya dari tabunganmu.

 

3. Buat perencanaan pengeluaran selama mudik

Makanan yang sudah lama tidak kita rasakan, banjir diskon di pusat perbelanjaan yang menggiurkan, oleh-oleh yang ingin kita bagikan, biasanya merupakan sumber pengeluaran yang membuat tabungan kita jebol. Agar keuanganmu tetap aman, buatlah perencanaan pengeluaranmu saat mudik.

Perencanaan yang jelas akan membantumu dalam mengatur pengeluaran. Kamu bisa merencanakannya dengan melihat pengeluaranmu di tahun-tahun sebelumnya. Catat beberapa pengeluaran seperti transportasi, makan, rekreasi, oleh-oleh, angpao, dll.

 

4. Siapkan dana darurat

Untuk mengurangi resiko dalam perjalanan mudik, kamu bisa menyisihkan sebagian dana mudikmu sebagai dana darurat. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya agar perjalanan mudikmu lebih tenang serta sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

5. Pisahkan biaya mudikmu

Setelah menyiapkan perencanaan pengeluaran dan menentukan besaran kebutuhan saat mudik, pisahkan biaya tersebut agar tidak tercampur dengan tabungan atau kebutuhan pokok sehari-harimu. Hal tersebut juga bisa menjadi pengingat kita dalam melakukan pengeluaran selama mudik. Usahakan jangan melebihi perencanaan pengeluaranmu atau mengambil uang dari rekening kebutuhanmu yang lain.

 

6. Bawa uang tunai secukupnya

Siapkan uang tunai secukupnya sehingga nantinya kamu tidak kerepotan dalam perjalanan mudikmu. Terlalu banyak membawa uang tunai juga akan terlalu berisiko. Selain itu, godaan untuk membeli barang akan lebih tinggi. Dengan membawa uang tunai secukupnya kita dapat mengurangi keinginan untuk membeli barang yang kurang diperlukan sehingga kamu bisa lebih hemat dan disiplin dalam pengeluaranmu. Kamu juga bisa membawa bekal makanan dan membeli oleh-oleh secukupnya untuk bisa menghemat pengeluaranmu.

 

7. Disiplin

Setelah melakukan perencanaan secara matang dalam perjalanan mudik lebaran ini, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah disiplin dalam melaksanakannya. Ikuti perencanaan yang telah kamu buat. Jangan melebihi apa yang telah kamu anggarkan. Jangan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Meskipun menghemat pengeluaran itu diperlukan, tapi kamu juga harus tetap menikmati libur lebaranmu dengan baik. Nikmatilah momen bersama keluarga, sanak saudara, serta teman-teman yang jarang kamu temui. Lebaran adalah peristiwa setahun sekali yang wajib kamu nikmati dan diabadikan menjadi hal yang menyenangkan. Selain keuangan, persiapkan juga kondisi fisikmu dengan baik. Jaga pola makan dan istirahatmu. 

Itulah beberapa tips untuk mengatur keuanganmu saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mempersiapkan perjalanan ke kampung halaman. Selamat mudik!


ARTIKEL TERKINI