5 Tips Agar Resolusi Keuanganmu Bukan Hanya Sekedar Wacana

1 Februari 2024
OLEH: Irfan Bayu
5 Tips Agar Resolusi Keuanganmu Bukan Hanya Sekedar Wacana
5 Tips Agar Resolusi Keuanganmu Bukan Hanya Sekedar Wacana  

Tahun baru 2024 telah datang. Biasanya banyak orang bersemangat untuk membuat resolusi baru di awal tahun termasuk resolusi untuk keuangan. Namun, bagaimana dengan resolusi-resolusimu di tahun sebelumnya? Apakah terwujud atau hanya sekadar menjadi wacana? Sering kali memang resolusi itu hanya menguap, mungkin banyak hal dan tantangan yang dapat menyebabkan rencanamu harus kandas atau hal dari dalam diiri yang membuat rencanamu terabaikan. Sebagai manusia memang tak salah jika kita ingin menjadi lebih baik, dan salah satu caranya dengan membuat resolusi. Nah, agar resolusimu di tahun ini tak hanya sekedar wacana, simak beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan rencanamu SMART

Ketika kita membuat rencana, hendaknya harus dirumuskan secara matang. Seluruh unsurnya harusnya terukur dan memang bisa dicapai. Menetapkan tujuan yang terlalu tinggi akan membuatmu cepat menyerah. Untuk mempermudah dalam merencanakan resolusimu, kamu bisa menggunakan rumus SMART atau Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time Bound, yaitu Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, serta Terikat Waktu. Dengan mengikuti kaidah SMART maka rencanamu akan lebih jelas, terstruktur dan lebih mudah dalam menyusun strategi mencapainya. Contohnya kamu ingin mengumpulkan tabungan sebesar 10 juta dalam waktu satu tahun. Jangan buat rencana seperti “ingin menjadi lebih kaya”. Hal tersebut tidak konkret dan tidak terukur.

2. Buat detail rencana

Setelah gambaran besar rencanamu sudah dibuat, setelah itu buat detail dari rencanamu. Seamakin detail rencanamu akan semakin baik dan lebih mudah dalam mewujudkannya. Contohnya untuk mendapat uang 10 juta dalam setahun kamu bisa menentukan berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya atau setiap minggunya. Kamu juga bisa menentukan target untuk melihat kemajuan dari pencapaian tujuanmu, seperti apakah dalam 6 bulan kamu sudah memenuhi target 5 juta atau belum, dan sebagainya. Dengan begitu ketika targetmu belum terwujud, di tengah jalan kamu bisa menyesuaikan rencanamu dengan kondisi yang ada. Batas waktu dalam perencanaan juga penting agar kita tidak menunda dan terus fokus dalam pencapaian tujuan.

3. Identifikasi resiko yang akan muncul

Dalam perjalanan mencapai tujuan pasti akan ada resiko yang muncul. Tugas kita adalah mengidentifikasinya sedari awal dan membuat rencana untuk penanggulangannya. Contohnya mungkin akan ada risiko kita sakit. Agar tetap berjalan sesuai rencana berarti kita harus mempersiapkan dana darurat selain dana untuk menabung agar resiko tadi tidak mengganggu dalam mencapai tujuan.

4. Jaga semangat dan motivasi

Hambatan dan rintangan yang muncul ketika proses itu berjalan mungkin akan berpengaruh pada semangat kita. Setelah kita mengidentifikasi risiko yang ada dan menyiapkan langkah pencegahannya, yang tidak kalah penting adalah memotivasi diri. Sangat penting untuk menjaga visi jangka panjang dan berfokus pada tujuan kita. Mengingat kembali manfaat dan kebaikan yang akan muncul jika tujuan kita tercapai bisa memberi semangat baru pada diri kita. Kamu juga bisa menambah semangat dengan memberi self reward atas apa yang telah kamu kerjakan. Self reward ini bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari cheat day, membeli makanan kesukaan, melakukan hal yang kita sukai, dan banyak lagi. Dengan begitu diharapkan semangat baru akan muncul.

5.  Catat, Review, Sesuaikan

Kamu juga harus rutin memantau perkembangan dari setiap langkah yang kamu kerjakan, dengan begitu kamu bisa menilai apakah langkah yang kamu ambil telah sesuai. Kamu bisa mencatatnya lewat buku, atau aplikasi keuangan yang saat ini telah banyak tersedia. Review kembali tindakan yang sudah kamu ambil, bandingkan dengan resikonya, apakah cara itu efektif atau ada cara yang bisa lebih baik lagi. Jika caramu kurang efektif atau bahkan tidak cocok sama sekali dengan keadaanmu, jangan ragu untuk segera diubah dan disesuaikan. Kehidupan selalu dinamis, kita harus bisa menyesuaiakan diri dengan keadaan, jangan mudah menyerah ketika keadaan menghantammu, Tarik nafas sejenak dan berfikir dengan tenang langkah apa yang harus diambil.

Mengubah rencana menjadi bukan hanya sekedar wacana bukanlah hal yang mustahil. Namun hal itu membutuhkan perencaan matang, komitmen dan adaptasi yang berkelanjutan. Semoga dengan Langkah-langkah di atas, kamu akan lebih mudah dalam mencapai tujuanmu di tahun ini. Bukan keberhasilan yang penting, namun bagaimana proses dan pembelajaran untuk bisa mencapai keberhasilan itu yang lebih penting dan patut dihargai.