Pengin Liburan yang Nggak Bikin Dompet Tipis? Cobain Tips Liburan Ini, Yuk!

1 Desember 2023
OLEH: Irfan Bayu
Tips Liburan yang nggak Bikin Dompet Tipis. Ilustrasi oleh Dimach P.
Tips Liburan yang nggak Bikin Dompet Tipis. Ilustrasi oleh Dimach P.  

Liburan akhir tahun akan segera tiba. Momen ini sering kali digunakan oleh banyak orang untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan. Tidak jarang momen ini digunakan untuk berlibur atau sekedar quality time bersama keluarga, kerabat, dan pasangan. Lantas, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah punya rencana mau menghabiskan liburan akhir tahun di mana? Atau kamu masih bingung dengan bujet liburannya?

Liburan bareng di peak season memang memerlukan bujet yang lebih. Pasalnya di musim puncak liburan atau peak season, harga tiket perjalanan beserta akomodasi bisa saja membengkak, dan tentunya akan mempertipis isi dompet kamu. Terus, harus gimana ya?

Sebelum liburan, pastikan kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang matang. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari rasa sesal usai liburan berakhir. Berikut adalah beberapa tip yang dapat kamu coba agar tidak boncos saat liburan.

 

1. Cek Kembali Kondisi Finansialmu

Perencanaan keuangan merupakan hal krusial yang harus dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk berlibur. Kamu dapat membuat pos khusus untuk dana liburan dengan menyisihkan sejumlah bujet khusus dari pendapatanmu di setiap bulannya, misalnya maksimal 10%. Dengan demikian, rencana liburanmu tidak akan mengganggu pos rutin lainnya.

Namun, perlu kamu ingat bahwa liburan tidak termasuk dalam kebutuhan yang mendesak. Jika kondisi finansialmu tidak memungkinkan atau sedang tidak mendukung, sebaiknya urungkan dulu niatmu untuk menguras tabungan hanya untuk berlibur.

2. Siapkan Pos Dana Liburan Jauh-jauh Hari

Jika kamu ingin menikmati liburan akhir tahun dengan tenang, siapkan pos dana liburan dari jauh-jauh hari. Kamu dapat mengisi pos tabungan liburan akhir tahun minimal tiga bulan sebelum rencana tersebut kamu realisasikan. Kamu dapat melakukan penghematan pada pos pengeluaran yang lain untuk mengisi pos tabungan liburan akhir tahun.

3. Jangan Berlibur secara Spontan

Liburan adalah suatu hal yang dapat direncanakan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk kamu berlibur tanpa merencanakannya jauh-jauh hari. Kamu dapat memantau kalender atau jadwal libur panjang agar eksekusi dapat dilakukan dengan perencanaan yang lebih matang. Lebih dari itu, kamu dapat memesan tiket dan akomodasi dengan harga lebih terjangkau jika dipesan dari jauh-jauh hari.

4. Jaga Mata dari Godaan Belanja

Menjaga mata dan hati dari godaan belanja adalah hal yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Langkah ini merupakan kunci agar kamu tidak boncos setelah liburan. Ada beberapa kategori pengeluaran saat liburan yang perlu dibedakan, mulai dari transportasi, akomodasi, makan dan minum, objek wisata, serta belanja. Jika bujet liburan kamu pas-pasan, alangkah baiknya kamu menekan belanja.

5. Nearcation

Nearcation adalah ide liburan tanpa menghabiskan anggaran yang terlalu besar. Mengapa demikian? Karena nearcation adalah liburan yang bisa kamu lakukan di dekat rumah. Kamu dapat dengan mudah berjalan-jalan di kota tetangga, misalnya. Ide liburan ini tidak memerlukan perencanaan yang terlalu rumit namun keseruannya sama, berbeda dengan liburan ke luar negeri.

Nearcation seperti ini semakin populer seiring dengan banyaknya orang yang mencari cara untuk killing time dan menghemat uang. Nearcation berbeda dengan staycation. Kalau nearcation, kamu berlibur ke kota atau daerah lain tetapi tidak terlalu jauh—yang bisa dicapai dengan kendaraan mobil, motor, atau transportasi umum yang biasa digunakan masyarakat seperti commuter, bus, atau sejenisnya. Nearcation juga bisa menjadi alternatif healing tanpa stres, tanpa bepergian jauh, dan kamu tidak perlu repot-repot memesan tiket beserta akomodasi jauh-jauh hari.

Nearcation ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki aktivitas padat dan tidak sempat untuk merencanakan perjalanan liburan, namun ingin melepas penat dan menjelajahi tempat-tempat baru saat liburan akhir tahun tiba. Nearcation juga menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk lebih mengenal daerah yang berada di sekitarmu lho! Nah, apakah kamu tertarik untuk melakukan nearcation di musim puncak liburan nanti?

6. Membeli Oleh-oleh di Pasar tradisional atau UMKM

Ide liburan anti kantong kering selanjutnya adalah berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional atau UMKM. Umumnya di setiap daerah memiliki pasar tradisional yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Beberapa pasar tradisional yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Pasar Klewer di Solo, Pasar Beringharjo di Jogja, Pasar Punclut di Bandung, Pasar Sukawati di Bali, Pasar Balige di Sumatera Utara, dan masih banyak lagi.

Dengan berbelanja di pasar tradisional atau UMKM, selain harganya yang pastinya tidak setinggi jika kamu berbelanja di pusat perbelanjaan atau mall, hal itu juga akan sedikit banyak membantu perputaran ekonomi di masyarakat dan pastinya membantu usaha-usaha kecil agar lebih berkembang. Kamu juga akan berkontribusi dalam perekonomian negara.

Itu dia tip liburan anti boncos yang dapat kamu terapkan menyambut libur akhir tahun nanti. Selamat menyambut libur akhir tahun, ya!